Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Sebelum melamar pekerjaan, tentu saja setiap pelamar pekerjaan perlu menyusun surat lamaran kerja agar lamarannya bisa diterima oleh pihak perusahaan yang dituju. Tetapi untuk menyusun surat lamaran pekerjaan, Anda juga perlu memahami cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Anda bisa mempelajari hal tersebut dari contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda dapatkan dari internet atau dari teman Anda.

www.suratresmi.net

Pengertian dari surat lamaran pekerjaan adalah surat yang disusun oleh seseorang yang memerlukan pekerjaan yang ditujukan kepada orang atau instansi yang memberikan lowongan pekerjaan atau jabatan tertentu. Surat lamaran pekerjaan tentunya bersifat resmi atau formal. Contoh surat lamaran pekerjaan bisa berisikan permohonan atau pengajuan atas pekerjaan atau jabatan tertentu yang sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

Berikut ini kami sampaikan beberapa cara menulis surat lamaran pekerjaan yang benar, agar Anda bisa lebih mudah dan lebih memahami cara menulis surat lamaran pekerjaan sesuai kebutuhan Anda.

  1. Kebersihan dan Kerapian

Kebersihan dan kerapian menjadi salah satu faktor yang tidak boleh lewat dari penulisan surat lamaran pekerjaan. Selain kerapian surat, Anda juga harus memerhatikan amplop surat yang Anda gunakan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan tersebut. Dari aspek kebersihan dan kerapian tersebut, maka karakter Anda dapat terlihat. Sebab itu aspek ini cukup penting untuk diperhatikan.

  1. Menyertakan Identitas Diri dengan Lengkap

Identitas diri calon pelamar kerja harus dapat ditulis dengan lengkap agar lebih memudahkan perusahaan untuk mengetahui diri Anda melalui surat lamaran perkerjaan tersebut. Selain itu, hal tersebut ditujukan agar bisa lebih memudahkan HRD jika ingin menghubungi Anda untuk melanjutkan tahap penyaringan lanjutan seperti interview, atau menginformasikan kelulusan atau hal lainnya.

  1. Tujuan surat

Tujuan surat harus Anda tulis dengan jelas. Anda harus menuliskan tujuan dan posisi mana yang Anda inginkan sesuai dengan kompetensi Anda. Dengan begitu maka surat lamaran pekerjaan Anda bisa lebih mudah dipahami. Jika Anda mengirimkan surat lamaran pekerjaan tanpa menuliskan tujuan maka besar kemungkinan surat lamaran pekerjaan Anda tidak akan diperhatikan.

Nah, terakhir Anda juga perlu memerhatikan desain, tata letak dan penulisan dari surat lamaran pekerjaan Anda. Tampilan yang menarik, akan lebih diperhatikan. Untuk itu Anda juga bisa melihat contoh surat lamaran lainnya sebagai referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *