Apa Bedanya Surat Lamaran Kerja Dengan Cv?

Saat melamar pekerjaan pastinya semua orang di wajibkan untuk membuat surat lamaran kerja. Sementara surat lamaran kerja itu sendiri merupakan surat yang dibuat untuk ditujukan pada perusahaan atau instansi yang bermaksud untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut. Surat lamaran kerja itu sendiri menjadi surat perorangan bersifat resmi karena kalimat yang digunakan harus menggunakan bahasa yang baik sesuai ejaan bahasa Indonesia yang telah disempurnakan.

www.masukuniversitas.com

Lalu apa bedanya surat lamaran kerja dengan CV? Perlu diketahui bahwa CV dan surat lamaran kerja menjadi 2 hal yang tidaklah sama. Surat lamaran kerja itu sendiri dapat dibilang sebagai bentuk komunikasi antara dua orang pada proses melamar pekerjaan. Sementara CV merupakan daftar riwayat hidup berisi mengenai perjalanan hidup diri seseorang yang dilihat dari segi pekerjaan yang pernah dilakukan dan riwayat pendidikannya.

Pada biasanya CV akan dilampirkan dengan surat lamaran kerja agar perekrut bisa mengenal pelamar kerja Lebih jauh sebelum proses wawancara maupun interview. Proses rekrutmen karyawan pastinya tidak hanya ada satu maupun dua orang yang melamar. Akan tetapi ada banyak sekali puluhan bahkan sampai dengan ratusan orang pelamar.

Untuk itu Anda harus membuat surat lamaran dengan sebaik mungkin supaya perekrut yakin bahwa Anda merupakan calon karyawan yang selama ini dicarinya. Pembuatan surat lamaran kerja yang bagus tentunya harus jelas tujuan dan maksudnya. Selain itu daftar berkas yang dikirimkan juga sama apa yang tercantum di dalam surat lamaran kerja.

Tentunya penggunaan bahasa tidak boleh ada yang typo. Apabila Anda sudah bisa membedakan antara keduanya yaitu surat lamaran kerja dengan CV, maka saatnya Anda membuat surat lamaran kerja atau CV yang terbaik. Ada banyak sekali contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda cari sesuai bidang yang ingin Anda lamar.

Sebagai pihak pelamar kerja, pastinya menginginkan supaya bisa diterima oleh HRD atau pihak perekrut. Untuk itu Anda harus benar-benar membuat surat lamaran kerja maupun CV yang sesuai dengan kriteria maupun ketentuan yang berlaku. Dalam pembuatan surat lamaran kerja terdapat bagian yang wajib diisi. Misalnya seperti alasan mengapa memilih pekerjaan tersebut.

Selain itu posisi yang Anda inginkan maupun alasan yang lainnya. Dengan hal tersebutlah maka pihak perusahaan akan jauh lebih mengerti perihal tujuan dan latar belakang Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dalam penulisan surat lamaran kerja yang dibuat pastinya harus menarik supaya pihak pembaca merasa senang dan dijadikan sebagai pertimbangannya.

Sebaiknya hindari menambahkan beberapa ornamen yang memang tidak dibutuhkan dalam pembuatan surat lamaran kerja. Silahkan cek contoh surat lamaran pekerjaan agar Anda bisa menghasilkan surat lamaran kerja yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *